Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Ajarkan Puasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus



Menjadi seorang Bunda dan Ayah dari anak yang memiliki hal yang istimewa dari pada yang lain, tentu saja pengawasan serta pantauannya pun berbeda. Terlebih lagi, jika kata istimewa itu adalah anak berkebutuhan khusus. Baik itu karena Autis, Down Syndrome dan lain sebagainya. Pemantauan itu di antaranya, menjaga pola makan si kecil.

Memang harus terbiasa menjaga pola makan. Kami teringat dengan suatu statmen seseorang yang dikaruniai anak seperti penderita di atas, sebenarnya banyak yang meyakini bahwa Autis ataupun Down Syndrome bukanlah soal penyakit, namun kelainan yang bisa disebut keistimewaan. Karena tidak semua orangtua dikaruniai anak tersebut. Adapun di bawah ini kami akan berikan sedikit tips agar bisa menjaga pola makan anak berkebutuhan khusus:

1. Kenalkan Anak Pada Agama

Jangan kira anak berkebutuhan khusus tidak bisa mengerti tentang perasaan orang, meskipun egonya terkadang sedikit tinggi, dan dirasa sulit mengontrol emosinya. Tetapi di sisi lain, ia hanyalah seorang anak yang meskipun raganya sudah besar, begitupun dengan usianya, tetapi pikirannya tetap anak-anak, terkadang rewel, kadang pula penuh perasaan.

Di saat penuh perasaan inilah, ia pun mengerti bahwa orangtua penuh dengan beban. Sehingga mucul lah rasa mengerti dan perasaan taat kepada orangtua pun bisa ada. Ini sebenarnya yang harus dipupuk. Mengenalkan agama adalah jalan terbaik.

Ketika anak kita paham akan agama dan mengerti puasa, ia tidak akan terlalu sulit untuk mengontrol pola makannya.

Baca Juga Belajar Berikan Asupan Gizi Sejak Bayi

2. Biarkan Anak yang Ingin Berpuasa Menunaikannya

Tips yang kedua, ketika si anak ingin menunaikan puasa, biarkan saja. Fasilitasi anak Anda, karena anak tetaplah anak. Meskipun tidak seperti anak yang lain, ia juga merupakan tabungan kita kelak di akhirat. Biarkan dirinya mengenal Tuhannya, dan kita juga bisa mendapatkan pahala yang bakalan mengalir hingga di akhirat kelak.

3. Kontrol Makanan yang Terlalu Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Kadar Gula pada Makanan Lain

Jika anak masih sulit untuk mengntrol pola makan, jalan yang lain adalah tugas kita sebagai orangtua sekaligus keluarga terdekat untuk selalu mengontrol makanannya. Hal ini untuk memberikan pelajaran kebiasaan mengotrol si anak dalam memakan makanan yang tidak diperkenankan.

4. Cukup Beri Makanan Ringan Saat Sudah Dapat Jatah Makan

Nah tips yang terakhir, kita juga harus terbiasa menyediakan makanan ringan di sampingnya. Karena terkadang, anak berkebutuhan khusus ada yang memang tidak bisa dikontrol karena Anak Anda berada di tingkatan yang lumayan tinggi dalam tipe nya.

Itu ada beberapa tips agar kita sebagai orangtua bisa mengendalikan pola makan anak, karena jika tidak dikontrol, perilakunya akan sedikit tidak menyenangkan. Dari yang terlalu aktif, hingga maunya rewel saja. Sekian beberapa tips, semoga bisa membantu ayah dan bunda.

  

  


Post a Comment for " Manfaat Ajarkan Puasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus"