Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Literasi Untuk Pendidikan Anak, Meningkatkan Kreativitas

Sepenting apakah literasi itu?

Sobat Acme, mari merenung. Betapa pentingnya pendidikan bagi kalangan anak-anak. Persoal dewasa kelak, ia mau jadi apa, itu terserah yang menjalankan. Hanya saja, Anda sebagai orangtua, wajib memberikan fasilitas yang nantinya berguna untuk bekal bagi anak-anak bangsa termasuk anak Anda.

Mengenai jenis-jenis pendidikan, bisa jadi literasi adalah salah satunya. Dengan literasi, anak akan dikenalkan membaca dan menulis serta bentuk literasi yang lain. Dengan literasi pula, akan memicu semangat dalam belajar hingga memunculkan kreativitas yang kuat.

Bentuk Kreativitas dari Tekunnya Berliterasi


Saya hanya mengambil bentuk literasi pada tingkat keterbacaan anak-anak yang sangat bergantung pada kelihaian orangtua untuk menarik kepekaan belajar membacanya. Tidak hanya peka, namun juga sudah masuk dalam jiwa, menjadi hobi.

Hobi membaca yang dipupuk sejak kecil, ternyata akan berdampak besar ketika mereka sudah dewasa. Kegemaran membaca saat kecil, misalnya dengan membaca majalah bobo. Ada bacaan, dan juga ada gambar-gambar.

Membuat anak senang dan kerasan untuk melakukan rutin membaca, bukan hanya majalah bobo. Hal ini bahkan bisa merembet pada membaca komik, atau tulisan bergambar yang lain. Ketertarikan akan visual yang nantinya bisa menarik anak untuk suka menggambar.

Nah bagaimana sobat Acme? Itu hanya salah satunya saja. Ada banyak contoh, dari yang suka literasi, hingga memunculkan hobi-hobi lain.

Baca Juga Literasi Untuk Anak Usia Dini, Kenalkan Pada Anak Sejak Dini

Dari Literasi, Jadi Penyuka Alam


Berikutnya, di saat anak-anak terpancing untuk belajar literasi, ajak juga jalan-jalan ke alam. Misalnya di akhir pekan Anda dan keluarga mengisi liburan dengan berwisata k e kebun binatang atau wisata yang punya tempat alam masih asri.

Jangan lupa bawa catatan kecil, misal kertas bertuliskan huruf yang terpisah-pisah. Pada usia dini, tentu sedikit-banyak sudah belajar huruf, angka, ataupun yang lain. Nah bawa huruf yang terpisah, lalu nanti ketika ada binatang yang ditemukannya, tanyakan itu hewan apa. Tunjukkan kerta itu, untuk memunculkan kepekaan mengenal huruf sebagai penunjuk nama.

Misalnya gajah, maka tunjukkan huruf G kepadanya. Si kecil lebih suka kayak gitu untuk melatih kepekaannya, tidak jenuh. Oh iya, dari membaca, bisa jadi anak-anak juga suka alam. Karena menemukan hal yang baru ditemukan, tapi nama-nama juga bentuknya sudah dikenalkan oleh orangtuanya melalui gambar.

Baca juga cerita tentang suksesnya anak ABK

Demikian beberapa cara mengenalkan literasi kepada anak-anak agar tidak mudah bosan. Dengan membaca ternyata ada banyak hal yang bisa didapatkan. Semoga bisa bermanfaat kepada Anda dan si kecil.


Post a Comment for "Literasi Untuk Pendidikan Anak, Meningkatkan Kreativitas"